Kumpulan Aforisme 4 - Aforisme

Pengertian, Contoh, Jenis dan Kumpulan Aforisme

ads
<< CHIP MURAH 082250500400 >> << TERPERCAYA >>

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 18 March 2015

Kumpulan Aforisme 4

kumpulan aforisme
Kumpulan Aforisme
  1. Kemukakan semua apa yang dapat kita banggakan.
  2. Saya sudah pernah memakan hampir semua buah-buahan terkenal seperti anggur, avokad, nanas, belimbing, durian, jambu air, jambu klutuk/jambu biji, jeruk, mangga, manggis, pisang, pepaya, rambutan, sawo, sirsak, jambu daging, jamblang, jambu mete, kecapi, semangka, apel, dan jeruk bali.
  3. I have seen these television films: Bonanza, Lancer, Mannix, Combat, Hawaii Five-O, The Saint, The Avengers, The Life and Times of Grizzly Adams, McGyver, Hunter, Daktari, Riffleman, Mission Impossible, Big Valley, Primus, Iron Horse, Spy Force, The Adventures Of Rin Tin Tin, Jungle Jim, Fury, Knight Rider, Star Trek, The Courship Of Eddie's Father, Ivanhoe, Django, Salty, Batman, Zorro.
  4. Kita cukup mempunyai istri satu orang saja tetapi berkualitas.
  5. Tuliskan apa saja yang menurut kita berarti. Mungkin nanti ada gunanya untuk kita dan orang lain.
  6. Sayur-sayuran terkenal yang pernah saya makan adalah bayam, kangkung, tomat, ketimun, kembang kol, sawi, toge, terong, wortel, daun paku, labu cina, petai, kentang, jengkol, lobak, daun singkong, labu siam.
  7. Selera makan saya ada pada sapi seperti gulai otak, gulai daging/rendang, tetelan, gulai hati, gulai babat, paru-paru goreng, gulai sumsum tulang, sate, bakso, sop, soto, dendeng.
  8. Ketika kuliah saya tidak menguasai bahasa Inggris. Maka saya berusaha banyak membaca buku-buku terjemahannya atau buku-buku dengan tema sejenis dalam bahasa Indonesia. Hasil belajar saya tetap bagus. Karena yang penting adalah kemampuan berpikirnya dalam membaca buku-buku atau melihat key ideasnya. Jadi bukan penguasaan bahasa Inggrisnya tetapi kalau bisa berbahasa Inggris tentu lebih baik.
  9. Masyarakat Indonesia perlu memahami arti dari stratifikasi sosial. Seperti dikatakan filsuf Jerman Friedrich Nietzsche bahwa manusia tidaklah sama. Tetapi kita perlu melihat kepribadian dan perilaku orang-orang yang stratanya lebih tinggi dari kita. Hanya mereka yang baik saja yang kita hormati dan segani. Masyarakat Indonesia perlu memiliki kesadaran status (status consciousness) agar tidak terjadi ketegangan-ketegangan yang tidak perlu di tengah-tengah masyarakat yang sudah semakin modern.
  10. Dari sebuah buku kadang-kadang saya mendapatkan pelajaran/inspirasi/kesenangan yang besar dari covernya, dari kata persembahan bukunya, dari daftar isinya, dari kata pengantarnya, indeksnya, dari daftar pustakanya, dari catatan kakinya.
  11. Uang adalah teman hidup yang sejati dalam masyarakat modern. Dengan uang kita memperoleh ketentraman perasaan. Dengan uang terbuka berbagai kesenangan.
  12. Membelajarkan adalah suatu seni dan teknologi. Maka saya mengusulkan agar dosen diharuskan sekurang-kurangnya membuat kontrak kuliah dan menggunakan powerpoint, berpakaian rapi dengan warna yang indah dan berimprovisasi (melakukan sesuatu tanpa persiapan lebih dahulu).
  13. Berkeluarga artinya adalah dari tinggal satu rumah dengan orangtua dan saudara kita menjadi satu rumah dengan suami atau istri dan anak kita.
  14. Sumber kecemasan (source of anxiety) individu dalam masyarakat modern adalah kalau ia tidak mempunyai uang. Maka uang adalah dewa dunia. Memiliki uang lebih penting dari kekuasaan. Karena kekuasaan bersangkut paut dengan orang lain, pribadi atau kekuasaannya, tidak bebas, dan dibatasi waktu. Sedangkan dengan uang kita boleh sesuka hati kita dan tidak dibatasi waktu. Uang memperlancar pemenuhan kebutuhan-kebutuhan kita. Maka pada diri kita perlu ditanamkan kebutuhan akan uang (need for money, William F. Whyte). Filsuf Jerman Johann Wolfgang von Goethe mengatakan 'Maka berkuasalah Dewa Bumi-Uang'. Sedangkan Psikolog AS Saul W. Gellerman mengatakan 'Uang ialah seorang Ibu Idaman, yang akan mengasihi, melindungi, dan yang terutama sekali melakukan semua itu secara tetap'. Filsuf Perancis Voltaire mengatakan "Apabila mengenai uang, setiap orang sama agamanya". Presiden AS George Washington mengatakan "Uang, kita tahu, akan membeli apa saja dan memerintahkan pelayanan dari seseorang".
  15. Untuk mengetahui bibit akademik seseorang yang perlu dilihat adalah IQ, angka rata-rata rapor SD, SMP, SMA, Indeks Prestasi Akhir Sarjana, Indeks Prestasi Akhir Magister dan Doktor serta beberapa contoh karya intelektual yang orisinal dan dikerjakan sendiri.
  16. Untuk yang kemukakan wajah, yang penting bukan wajah, tetapi bagaimana menikmati hidup. Banyak orang berwajah jelek, tetapi mereka bahagia atau bergembira.
  17. Guru atau dosen yang mengerti bagaimana mengajar biasanya sering dikejutkan dengan melihat hasil pekerjaan siswa/mahasiswanya yang bagus-bagus. Lebih bagus dari yang diperkirakannya atau lebih bagus dari yang bisa dikerjakannya sendiri.
  18. Pengalaman saya mengajari bahwa kita bisa tahan belum mempunyai teman wanita bila kita mengenal lagu-lagu atau musik yang bagus untuk didengar.
  19. Bila anda belum mempunyai teman wanita habiskanlah waktu anda dengan membaca, menulis, mendengarkan musik, dan melancong. Kegiatan ini cocok untuk dikerjakan sendiri.
  20. The important variables effect human learning result: the intelligence, the need for achievement, the creativity, the aptitude, the interest, the attitude, the self efficacy, the competence motive, the need for self actualization, the instructional design, the social economic status, the cultural background, the language skill, the instructional media, the self concept.
  21. Tiada hari tanpa ibadah dan amal shaleh.
  22. Ibadah, ilmu pengetahuan, sedekah jariyah.
  23. Perpustakaan rumah adalah membeli buku di toko buku dan membawanya pulang ke rumah.
  24. Dunia adalah warna.
  25. Wanita tidak baik meminta uang pada laki-laki, lebih baik menunggu diberikannya.

Narasumber : Drs. Tafiardi, M.Pd. 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot